MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
            Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib
menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa
Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya.
atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
            Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang
disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai
perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
            Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti
ia telah memenuhi kcwajibannya. Berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya.
Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya.
            Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung-jawabannya.
Bila si mahasiswa malas belajar, dan ia sadar akan hal itu. Tetapi ia tetap tidak mau
belajar dengan alasan capek, segan dan lain-lain. Padahal ia menghadapi uijian, ini berarti
bahwa si mahasiswa tidak memenuhi kewajibannya, berarti pula ia tidak bertanggung jawab.
            Berikut ini diberikan penggambaran bagaimana suatu tanggung jawab diberikan oleh
Saya sendiri:

  •        a.           Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

            Saya mengendarai kendaraan bermotor. Dalam peraturan sudah diwajibkan pengendara motor wajib mengenakan helm SNI dan sudah memiliki SIM. Maka dari itu, Saya sebagai pengendara motor sudah memiliki itu semua.
  •       b.            Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

            Saya anak tunggal di keluarga saya. Jika nanti Ayah saya sudah pensiun, maka saya akan menjadi tulang punggung keluarga dan akan melanjutkan bisnis keluarga saya yang sudah berjalan 15 tahun lamanya.
  •        c.            Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

            Saya sebagai pemuda di dalam lingkungan masyarakat sekitar rumah saya, Saya siap ikut serta dalam kegiatan seperti Gotong Royong, Kerja Bakti dan sebagainya. Dan juga menjaga lingkungan agar selalu aman, damai dan sejahtera.
  •       d.            Tanggung Jawab Terhadap Bangsa

            Saya sebagai warga negara Republik Indonesia, Saya harus Memahami serta mengamalkan ideologi nasional kita, yakni pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang dimana dalam berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan. Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara dimata dunia internasional yang dimana sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, berperadaban dan bermartabat. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara yang dimana dilakukan dengan menghindari sikap dan perilaku diskriminatif. Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia.Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina dengan rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara
  •        e.            Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

            Saya sebagai umat beragama, dalam memenuhi tanggung jawab terhadap tuhan, saya beribadah kepada tuhan, menjalankan perintahnya, menjauhi larangannya serta menghormati umat beragama

Komentar

Postingan Populer