Elemen yang harus diperhatikan jika ingin mengaplikasikan desain grafis pada perangkat mobile dan contoh aplikasi desain grafis pada perangkat mobile

 

Elemen yang harus diperhatikan jika ingin mengaplikasikan desain grafis pada perangkat mobile dan contoh aplikasi desain grafis pada perangkat mobile

 

Elemen Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Mengaplikasikan Desain Grafis Pada Perangkat Mobile

Pada umumnya terdapat beberapa elemen dasar dari desain yaitu:

Garis (line)

Garis atau line merupakan sebuah unsur penting dalam membuat sebuah desain atau karya. Garis sendiri jika dilihat dari bentuknya merupakan sebuah goresan atau coretan yang nantinya dapat membentuk sebuah objek atau gambar yang dapat mendukung desain atau karya tersebut. Salah satu ciri khas dari sebuah garis ialah adanya arah dan dimensi memanjang. 

Sebagai elemen penting dalam sebuah desai atau karya, garis memiliki fungsi tertentu yang digunakan untuk mengarahkan gerakan mata melihat elemen di dalam karya desain. Adapun berbagai macam garis yang bisa digunakan desainer untuk membuat sebuah karya seperti Garis Vertikal, Garis Horizontal, Garis Lengkung, Garis Patah, Garis Miring, Garis berombak. Dari macam-macam garis tersebut mempunyai arti dan kegunaannya masing-masing yang disesuiakan dengan kebutuhan desain.

Bentuk & Ruang (Form & Space)

Bentuk dalam sebuah desain atau karya merupakan sebuah perpaduan atau penempatan garis yang disusun secara berdekatan sehingga menimbulkan diameter, tinggi dan lebar. Berdasarkan sifatanya, bentuk dibagi menjadi tiga, yaitu huruf, simbol, dan bentuk nayta (form). 

Sedangkan ruang merupakan perwujudan nyata dari sebuah bentuk. Ruang dapat di hadirkan dengan adanya bidang atau bentuk. Sebuah ruang ruang dapat terbentuk dengan menyusun beberapa bentuk atau bidang sehingga membentuk sebuah bentuk 3D yang  yang memiliki ruang. Ruang yang lebih mengarah pada perwujudan tiga dimensi dapat dibagi menjadi ruang nyata dan ruang semu. 

Warna (Color)

Warna merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah desain atau karya. Warna dapat digunakan untuk menampilkan identitas sebuah desain, sert adapat menyampaikan pesan atau menarik perhatian serta mempertegas sesuatu. Warna dapat di bagi menjadi dua section, warna yang timbul karena sinar (RGB) dan warna yang dibuat dalam unsur tinta atau cat (CMYK).

Ada beberapa permasalahan yang mendasar dari warna diantaranya adalah hue (spektrum warna), saturasi (nilai kepekatan), dan lightness (nilai gelap terang). Masing-masing warna memberikan respons secara psikologis. Molly E. Holzschlag dalam Adi Kusrianto membuat daftar mengenai kemampuan masing-masing warna ketika memberikan respons psikologis kepada pemirsanya sebagai berikut:

  1. Merah, melambangkan kekuatan, bertenaga, kehangatan, nafsu, cinta, agresifitas, bahaya.
  2. Biru, melambangkan kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, perintah.
  3. Hijau, melambangkan alami, kesehat, pandangan yang enak, kecemburuan, pembaruan.
  4. Kuning, melambangkan optimisme, harapan, tidak jujur, pengecut, gembira,.
  5. Ungu, melambangkan spiritual, misteri, kebangsawanan, sombong, kasar, keangkuhan.
  6. Oranye, melambangkan energi, semangat, segar, keseimbangan, ceria, hangat.
  7. Coklat, melambangkan tanah/ bumi, kenyamanan, dapat dipercaya, bertahan.
  8. Abu-abu, melambangkan intelek, futuristik, modis, kesederhanaan, sedih.
  9. Putih, melambangkan suci, bersih, tidak bersalah, steril, kematian.
  10. Hitam, melambangkan kekuatan, jahat, canggih, kematian, misteri, ketakutan, sedih, anggun. 

Teks (Type)

Penggunaan teks atau tipografi dalam sebuah desain juga menjadi salah satu elemn pendukung yang penting. Teks atau tipografi ini berfungi untuk membantu proses penyusunan dan pengaturan kata-kata kedalam bentuk tulisan yang mana akan di sesuaikan dengan kebutuhan desain atau karya. Dengan teks dapat menciptakan keselaran dan keseimbangan dalam desain dan dalam mempermudah penyampaian informasi desain. Penggunaan teks sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu secara manual (hand drawn) dan secara digital dengan menggunakan komputer. 

Tekstur (Texture)

Tekstur merupakan Tekstur merupakan sebuah visualisasi dari permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Pada desain digital tekstur berfungsi sebagai efek yang akan ditimbulkan dari sebuah desain saat dilihat sehingga memberikan kesan jika diraba akan terasa kasar, halus ataupun tekstur lainnya seperti selayaknya meraba suatu benda.

Secara fisik tekstur dapat dibagi menjadi kasar dan halus atau kusam dan mengkilat. Sedangkan dilihat dari efek tampilannya, tekstur digolongkan menjadi tekstur nyata dan tekstur semu. Disebut tekstur nyata apabila terdapat kesamaan antara hasil raba dan penglihatan, sedangkan tekstur semu sebaliknya. Dalam penerapannya, tekstur dapat berpengaruh terhadap unsur visual lainnya, yaitu kejelasan titik, kualitas garis, keluasan bidang dan ruang, serta intensitas warna.

Nah itu tadi beberapa pedoman untuk desainer  yang berisi prinsip-prinsip densain dan elemen dasar desain yang perlu diperhatikan oleh seorang desainer agar desain atau karya yang diciptakannya dapat lebih maksimal dan dapat menjangkau target audiencenya. Tentunya hal ini juga tidak dapat lepas dari kerja keras dan berlathi membuat desain grafis hingga menghasilkan sebuah desain yang dapat memberikan sebuah impact khusus dengan terwujudnya tujuan desainer untuk membuat desain tersebut. 

Lalu terdapat sebuah pertanyaan “elemen-elemen apa saja yang harus diperhatikan jika ingin mengaplikasikan desain grafis pada perangkat mobile? ”.elemen yang harus diperhatikan disini jika ingin menargetkannya untuk perangkat mobile yaitu:

Konsep resolusi layar pada appps

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel.Warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut.Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA(Video Graphic Adapter) yang digunakan.Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang beresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar, bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggy) jika dilakukan pembesaran gambar.satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.Untuk lebih memahami grafis jenis bitmap.Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi:

  •  .bmp
  •  .jpg
  • .tif
  • .gif
  •  .pcx

Konsep layout pada apps

Layout mendefinisikan struktur visual untuk antarmuka pengguna, seperti UI sebuah aktivitas atau widget aplikasi. Anda dapat mendeklarasikan layout dengan dua cara:

  • Deklarasikan elemen UI dalam XML. Android menyediakan sebuah kosakata XML sederhana yang sesuai dengan kelas dan subkelas View, seperti halnya untuk widget dan layout.
  • Buat instance elemen layout saat waktu proses. Aplikasi Anda bisa membuat objek View dan ViewGroup (dan memanipulasi propertinya) lewat program

Konsep tipografi yang sesuai untuk disain grafis apps perangkat bergerak

Desain grafis ternyata bukan sekedar bagaimana memainkan warna dan layout tapi ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu tipografi. Tipografi merupakan komponen paling penting dalam desain grafis yang tidak bisa ditinggalkan. Seorang desainer bertanggung jawab untuk mengetahui seluk-beluk seputar tipografi. Kenapa? Karena dengan begitu ia akan lebih mudah untuk membuat sebuah tipografi yang baik dan berciri khas. Oleh karena itu, desainer yang baik perlu mempelajari peraturan dan pedoman spesifik sehingga dapat mengembangkan kemampuannya dalam membuat tipografi. Dan inilah beberapa aturan dasar dalam seni bertipografi

Konsep warna pada apps

Dalam pengolahan image, dikenal dua macam warna paling populer yang menjadi standar internasional, yaitu RGB dan CMYK. RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue (merah, hijau, biru) yaitu warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors). Dengan basis RGB, seorang desainer bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal.

Konsep input pada apps

Masukan (input) merupakan awal dimulainya informasi. Bahan mentah dari informasi adalah data yang terjadi dari transaksi yang dilakukan oleh organisasi. Desain input digunakan untuk merancang tampilan layar dikomputer yang menggambarkan bagaimana bentuk pemasukan data.Proses input melibatkan 3 tahapan utama yaitu :

  • Penangkapan Data (Data Capture), Merupakan proses mencatat kejadian nyata yang terjadi akibat transaksi yang dilakukan ke dalam dokumen dasar
  • Penyiapan Data (Data Preparation), Yaitu mengubah data yang telah ditangkap kedalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (Machine Readable Form 1), misalnya kartu plong, pita magnetik/disk magnetick)
  • Pemasukan Data (Data Entry), Merupakan proses membacakan atau memasukan data ke dalam komputer

 

Contoh Aplikasi Desain Grafis Pada Perangkat Mobile

Sktechbook

Dari sketsa cepat hingga karya seni yang sepenuhnya selesai, Sketchbook pergi ke mana kreativitas Anda membawa Anda.

Sketchbook adalah aplikasi sketsa, melukis, dan menggambar pemenang penghargaan bagi siapa saja yang suka menggambar. Seniman dan ilustrator menyukai Sketchbook karena set fitur kelas profesional dan alat yang sangat dapat disesuaikan. Semua orang menyukai Sketchbook karena antarmukanya yang elegan dan pengalaman menggambar yang alami, bebas dari gangguan sehingga Anda dapat fokus menangkap dan mengekspresikan ide-ide Anda.

• Jenis kuas yang lengkap: spidol pensil, airbrush, corengan, dan banyak lagi yang terlihat dan terasa seperti rekan fisiknya
• Kuas sangat dapat disesuaikan sehingga Anda dapat membuat tampilan yang Anda inginkan
• Pemandu, penggaris, dan alat guratan mendukung presisi saat Anda membutuhkannya
• Lapisan dengan mode campuran yang lengkap memberikan fleksibilitas untuk membangun dan menjelajahi gambar dan warna
• Dibuat khusus untuk membuat sketsa, antarmukanya bersih dan tidak mengganggu sehingga Anda dapat fokus pada menggambar

Sketchbook ini dilengkapi dengan berbagai tools yang memudahkan kamu membuat desain yang unik dan menarik. Kamu bisa mengunduh aplikasi Sktechbook disini.


Adobe Illustrator Draw

Salah satu produk dari Adobe ini memang dikhususkan untuk mendesain dan mengedit hasil karya kamu dalam bentuk digital.

Buat karya seni vektor dengan gambar dan lapisan gambar yang dapat Anda kirim ke Adobe Illustrator atau ke Photoshop.

Ilustrator, desainer grafis, dan seniman dapat:
• Zoom hingga 64x untuk menerapkan detail yang lebih halus.
• Sketsa dengan lima tip pena berbeda dengan opacity, ukuran, dan warna yang dapat disesuaikan.
• Bekerja dengan banyak gambar dan lapisan gambar.
• Ganti nama, duplikat, gabungkan, dan sesuaikan setiap lapisan individu.
• Masukkan stensil bentuk dasar atau bentuk vektor baru dari Capture.
• Kirim file asli yang dapat diedit ke Illustrator atau PSD ke Photoshop yang secara otomatis terbuka di desktop Anda.

Sketchbook ini dilengkapi dengan berbagai untuk membuat desain yang unik dan menarik. Kamu bisa mengunduh aplikasi Adobe Illustrator Draw disini.

Sumber:

https://ourscientific.wordpress.com/2019/10/19/konsep-pemodelan-desain-grafik-pada-aplikasi-berbasis-perangkat/

https://www.gamelab.id/news/152-penting-prinsip-dan-elemen-dasar-desain-yang-harus-diketahui-desainer

https://www.suara.com/tekno/2021/02/08/200106/mudah-untuk-pemula-ini-5-aplikasi-desain-grafis-terpopuler?page=all

Komentar

Postingan Populer