Manipulasi Teknologi Era Digital

Manipulasi Teknologi Era Digital


Teknologi video kamera

Kamera video adalah kamera yang digunakan untuk akuisisi film elektronik, awalnya dikembangkan oleh industri televisi tetapi sekarang umum dalam aplikasi lain juga. Kamera video yang paling awal adalah orang-orang dari John Logie Baird, berdasarkan Nipkow disk yang elektromekanis dan digunakan oleh BBC dalam siaran percobaan melalui tahun 1930-an. Desain All-elektronik berbasis pada tabung sinar katoda, seperti Vladimir Zworykin yang iconoscope dan Philo T. Farnsworth Image dissector, menggantikan sistem Baird oleh 1940-an dan tetap digunakan secara luas sampai tahun 1980-an, ketika kamera berdasarkan sensor gambar solid-state seperti sebagai CCD (dan kemudian CMOS sensor aktif pixel) dieliminasi masalah umum dengan teknologi tabung seperti gambar burn-in dan membuat alur kerja video digital yang praktis.

Teknologi games

Teknologi game terdiri dari 2 kata, yaitu teknologi dan game. Pertama pengertian dari teknologi. Kata teknologi sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam hal ini yang dimasukkan dengtan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang.
Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni menusia. Dari sini muncul istilah teknologi  yang berarti ilmu yang mempelajari tentang techne manusia. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat lain. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sisyem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi juga membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain. Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.
Dan yang kedua adalah pengertian dari Game. Game adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah game yang dalam bahasa Indonesia adalah permainan identik dengan anak-anak  selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :
  1. Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game (umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
  2. Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
    Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami bahasa pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan “Visual Basic”, “C++”, dll.

Pengantar Teknologi Internet

Teknologi Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.” internet, menurut saya sendiri Internet adalah fasilitas yang bisa menghubungkan banyak penggunanya di seluruh dunia contohnya adalah kita dapat berteman dengan orang lain yang jauh disana dengan Facebook, kita bisa ngobrol dengan teman-teman kita lewat chatting, berbagi/sharing file, video, lagu dengan orang lain dengan mudah. Nah itu semua adalah manfaat dari Internet,yang terhubung dari komputer kita ke Jaringan telepon yang kemudian disambungkan ke perusahaan penyedia layanan Internet (provider) yang kita gunakan, kemudian ke satelit telekomunikasi dan ke provider teman kita dan akhirnya terhubung ke komputer teman kita.
Berikut adalah layanan Internet yang tentunya populer dan sering kita gunakan:
  • Facebook (social network)
  •  Twitter (micro-blog, social network)
  • Yahoo Messenger (chatting)
  • Blogger, wordpress (blog)
  • Picassa (album foto online)
  • wikipedia (ensiklopedia online)
  • dll
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_video

http://rafiqamalyah.blogspot.com/2013/05/pengertian-teknologi-game.html

http://blog.akakom.ac.id/hendra1967/2012/10/21/teknologi-internet/

https://nestwyvern.wordpress.com/2019/12/28/materi-14-link-blog-manipulasi-teknologi-di-era-digital/

Komentar

Postingan Populer